kenapa bumi bulat, nggak kotak?

Di jaman sekarang yang bentuk bumi itu banyak diperdebatkan, pernah ngga sih kalian muncul pertanyaan kayak gini: “kenapa bumi itu bulat? Ngga kotak?”. Ini seperti pertanyaan yang bodoh, tapi justru banyak dari kita yang menerima mentah-mentah saja fakta bahwa bumi itu bulat. Kenapa bumi itu bulat, ngga kotak?

Iya ya, pernah ngebayangin ngga sih kalo bumi kita kotak kayak Minecraft!??

Apa yang menyebabkan bentuk bumi jadi bulat?

Singkatnya, bentuk planet di alam semesta, salah satunya bumi berbentuk bulat terbentuk dari tabrakan dan kemudian saling menyatu. Tabrakan dan proses saling menyatu ini disebabkan oleh adanya gaya tarik gravitasi. Lalu, apa itu gravitasi? Gravitasi itu sebuah gaya terdapat dalam sebuah planet ataupun obyek lainnya yang dapat menarik benda-benda misalnya orang, pohon, dan mobil ke titik pusat. Semua hal yang ada di dunia mempunyai massa dan pasti juga punya gravitasi. Termasuk mobil, pohon dan orang. Dalam hukum gravitasi, massa benda I akan menarik massa benda yang lainnya. Itulah sebabnya kenapa bumi mengorbit matahari, dan bulan mengorbit bumi: karena kedua massa yang saling menarik.
Gravitasi ini yang buat Bumi mengorbit matahari dan bulan mengorbit bumi

Pembentukan Bumi

Bumi terbentuk pertama kali pada 4,5 milyar tahun yang lalu. Material gas dan debu ini bermula sejak adanya ledakan besar di alam semesta. Kemudian, gas dan debu perlahan menyatu secara bertahap. Lalu, gas dan debu berotasi karena adanya gravitasi hingga membentuk sebuah bulatan, hingga akhirnya membentuk bumi. Seiring berjalannya waktu, bumi menjadi sebuah planet yang solid. Namun, mengapa bentuknya lingkaran? Ngga kotak? 
Ini dia bentuk bumi pada 4,5 milyar tahun yang lalu, kok mirip debu ya?
Jawabannya, karena lingkaran, adalah bentuk yang paling efisien, bagi material untuk saling menarik. Sedangkan bentuk kotak, memiliki sudut-sudut yang lebih jauh dijangkau oleh gravitasi. Secara natural, bentuk bumi pasti membentuk bulat. Bentuk bulat ini berasal dari massa besar, seperti gas dan debu, punya bumi yang ditarik oleh gerakan gravitasi. Jadi, bentuk bumi pasti bulat, ngga mungkin bentuknya kotak. Tapi, kenapa mobil, pohon dan orang bentuknya ngga bulat? Padahal mereka juga punya gravitasi?
Bentuk mobil, pohon dan orang engga bulat seperti bumi, kenapa bisa ya?
Bentuk mobil, pohon dan orang tidak mesti bulat seperti bumi karena besaran massa mereka tidaklah sebesar bumi. Maka daripada itu, gaya gravitasi mereka juga tidaklah sebesar bumi. Jadi, sangat mungkin bagi mereka untuk membentuk sudut-sudut lancip seperti bentuk kotak. Begitu halnya juga asteroid yang jarang memiliki bentuk bulat. Alasannya adalah tarikan material gravitasi mereka, tidak sebesar bumi. Oleh karena itu, bentuk bulat itu pun, kemudian menjadi salah satu syarat bahwa objek langit itu dapat disebut planet atau tidak.
Karena bentuk bumi bulat, makanya bumi bisa dibilang sebagai planet
Tapi, setelah membaca artikel ini, bukan berarti semua objek bulat itu memiliki gravitasi yang kuat. Perlu dilihat perspektifnya. Jadi, jangan salahkan bakso dan bola basket yang disangka punya tarikan gravitasi kuat, hanya karena bentuk mereka yang bulat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lubang Putih [White Hole]

Super Massive BlackHole [lubang hitam super masif]

SInar Gamma