Apa itu Singularitas?

Singularitas gravitasi, singularitas ruangwaktu atau singularitas adalah lokasi di ruangwaktu di mana bidang gravitasi benda langit di prediksi akan menjadi tak hingga  oleh relativitas umum dengan cara yang tidak bergantung pada sistem koordinat. kuantitas yang di gunakan untuk mengukur kekuatan medan gravitasi adalah invarian skalar kelengkungan ruangwaktu, yang mencakup ukuran kerapatan materi. karena jumlah seperti itu menjadi tak terbatas dalam singularitas, hukum ruangwaktu normal yang ada tidak bisa digunakan.

singularitas gravitasi di pertimbangkan di dalam relativitas umum, dimana kepadatan tampak menjadi tak terbatas di pusat lubang hitam, dan di dalam astrofisika dan kosmologi sebagai keadaan paling awal dari alam semesta selama big bang. fisikawan tidak yakin apakah prediksi singularitas berarti  bahwa mereka benar-benar ada (atau ada pada awal big bang), atau bahwa pengetahuan saat ini tidak cukup untuk menggambarkan apa yang terjadi pada kepadatan ekstrim seperti itu.

Relativias umum memprediksikan bahwa objek apapun yang tersedot di luar titik tertentu (untuk bintang-bintang ini adalah jari-jari Schwarzschild) akan membentuk lubang hitam, di dalamnya singularitas Penrose-Hawking mendefinisikan singularitas milik geodesik tidak dapat di perpanjang dalam cara halus. Akhir geodesik semacam itu di anggap singularitas.

keadaan awal alam semesta, pada awal ledakan besar, juga diprediksi oleh teori-teori modern sebagai singularitas. dalam hal ini alam semesta tidak runtuh ke dalam lubang hitam, karena perhitungan yang diketahui saat ini dan batas kerapatan untuk keruntuhan gravitasi biasanya di dasarkan pada objek dengan ukuran konstan, seperti bintang, dan tidak selalu berlaku di cara yang sama untuk ruang yang berkembang pesat seperti big bang. baik relativitas umum maupun mekanika kuantum saat ini dapat menggambarkan momen paling awal dari big bang, tetapi secara umum, mekanika kuantum tidak memugkinkan partikel untuk menghni ruang yang lebih kecil dari panjang gelombang mereka.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lubang Putih [White Hole]

Super Massive BlackHole [lubang hitam super masif]

SInar Gamma